Selasa, 20 Desember 2011

Tips Mengefisisensikan Waktu


Masih di acara INSTALL, saya mendapatkan banyak sekali pembelajaran dari acara tersebut. Salah satunya saya diberikan tips bagaimana mengefisiensikan waktu, apalagi kita sebagai mahasiswa dengan segudang aktivitas dan tugas. Berikut adalah tipsnya:
  1. Bersegera dalam beramal. Bisa dikatakan kalau kita harus segera menuntaskan pekerjaan jika tidak menginginkan pekerjaan itu menumpuk. Atau kalau kita tidak cepat-cepat melakukannya bisa jadi kita akan lupa dan malah tidak mengerjakannya sama sekali.
  2. Mempercepat waktu kerja. Kalau kita bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan timing yang lebih cepat, maka tidak ada salahnya. Dengan demikian kita bisa beralih ke pekerjaan kita selanjutnya karena kita manusia super sibuk.
  3. Mempermudah cara kerja. Bisa simple kok dibikin ribet?? Gunakanlah cara yang paling mudah dan cepat dalam mengerjakan segala sesuatu.
  4. Jangan terkecoh dengan masalah. Kadang ketika menghadapi masalah kita dibuat pusing dan pada akhirnya masalh itu bukannya terselesaikan tetapi malah menjadi daftar tumpukan masalah. Maka analisa dan teliti masalah tersebut baru lakukan tindakan terbaik.
  5. Bersikap tegas. Kalau anda memang tidak bisa menerima ajakan teman untuk keluar karena harus menyelesaikan suatu tugas, maka katakan dengan tegas kepada teman anda tersebut. Jangan mau terpengaruh jika ajakan itu tidak penting dan mendesak saat itu.
  6. Tidak menjadi perfectsionist. Kesempurnaan memang penting, tetapi jika kita dihadapkan dengan banyak sekali pekerjaan maka bersegeralah dalam menuntaskannya, poin kesempurnaan jadikan nomor dua.
  7. Bersifat fleksibel. Jika kita fleksibel maka ketika menghadapi masalah baru kita bisa lebih cepat beradaptasi.
  8. Memilih waktu yang tepat dan cara yang efektif. 
  9. Menggabungkan kegiatan. Ada pepatah yang mengatakan, sekali menyelam minum air. Tidak ada salahnya.
  10. Mendelegasikan. Jika bisa dirundingkan dengan pihak lain maka rundingkanlah agar solusi terbaik bisa didapatkan.
  11. Hindari berbagai gangguan. Saat mau mulai belajar maka pastikan tempat dan suasananya kondusif dan tidak ada hambatan.
Sekian tips yang saya dapatkan. Semoga dapat bermanfaat buat kita semua, khususnya mahasiswa baru yang masih polos-polosnya. ^^ 

3 komentar:

  1. Tipsnya berguna sekali....walaupun aplikasinya pasti susah, diperluin komitmen yang tinggi buat ngehargain waktu...

    BalasHapus
  2. Iya semoga ada yang bisa kita terapkan ^^

    BalasHapus