Senin, 19 Desember 2011

Resensi Buku: Dapat Apa Sih dari Universitas?


Judul Dapat Apa Sih Dari Universitas?  
No. ISBN 9789791728867 
Penulis Romi Satria Wahono 
Penerbit Mutiara Qolbun Salim 
Tanggal terbit Juli - 2009 
Jumlah Halaman
Berat Buku -
Jenis Cover Soft Cover 
Dimensi(L x P) -
Kategori Non-Fiksi Umum 
Bonus
Text Bahasa Indonesia















Buku ini adalah kumpulan dari tulisan Romi Satria Wahono, seorang pakar IT Indonesia. Karena seorang pakar IT otomatis tulisannya pun tidak jauh-jauh dari dunia tersebut. Buku ini terbagi menjadi beberapa bab dengan tema-tema tertentu. Di bab pertama bahasan tentang branding university dan yang mengejutkan ternyata universitas-universitas swasta punya branding lebih bagus dibandingkan universitas negri di jurusan IT-nya. Lalu ada juga tips memilih jurusan di bidang komputer, buat kamu yang masih belum tahu bedanya software engineer, information system, computer engineer dan yang lainnya.
Buku ini juga mengulas kalau di era global ini orang tidak akan sukses hanya dengan modal pendidikan dan pengetahuan yang cukup. Kreativitas adalah modal penting yang mampu membawa kita pada kesuksesan. Dengan kreativitas seseorang mampu mengembangkan kepengetahuan yang didapat di bangku kuliah sehingga mampu membuahkan terobosan atau inovasi baru. Dari buku ini saya juga memperoleh kosakata baru, yaitu versatilist. Apa itu versatilist, sebaiknya anda cari tahu dengan membaca buku ini (hehehe…).

Pak Romi juga membahas bagaimana orang Jepang bisa maju, secara beliau sendiri menempuh pendidikan di negri sakura tersebut. Ternyata perbedaan yang paling besar antara kita (bangsa Indonesia) dengan mereka adalah mereka sangat disiplin dan mempunyai budaya malu. Mereka akan merasa sangat malu jika melanggar aturan yang ada, berbeda sekali dengan kita yang merasa bangga jika melanggar. Sungguh kita harus belajar banyak dari masyarakat Jepang.


Buku ini memberikan banyak sekali tips dan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa baru. Penuturannya yang lepas dan tidak kaku membuat semua orang dapat menikmati tulisan Pak Romi. Tetapi yang agak kurang adalah bagi kalian yang tidak berkecimpung di dunia IT mungkin agak sedikit dibingungkan dengan banyaknya istilah IT yang beliau gunakan. Selebihnya buku ini sangat bermanfaat khususnya buat saya pribadi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar