Selasa, 20 Desember 2011

Mari Mengenal Diri

Tipe Karakter


Kali ini saya akan mereportasekan materi yang saya dapatkan di LKMM Pra-TD. Materi ini saya dapatkan di hari kedua, tepatnya tanggal 11 Desember 2011. Pematerinya adalah Mas Hendrik, mahasiswa Teknik Informatika ITS 2008. Beliau menyampaikan tentang pengenalan diri.
Seperti biasa kita akan mendeskripsikan kata per kata dari judul materi kali ini. Pengenalan adalah proses kita mengetahui sesuatu, dan diri adalah pribadi kita. Dapat disimpulkan pengenalan diri adalah salah satu cara membentuk konsep diri, bersifat terus menerus dan tidak sekejap langsung jadi. Saya jadi paham kenapa kita tidak bisa buru-buru menyimpulkan diri kita itu seperti apa karena mengenal diri adalah proses pembelajaran seumur hidup.
Beliau juga menerangkan tentang Johari Window. Johari Window adalah area-area yang terdapat pada diri kita, diantaranya:
a)    -   Publik Area, yaitu keseharian diri kita yang diketahui oleh orang lain.
b)   -   Area Buta, orang lain yang mengetahuinya tetapi kita tidak.
c)    -  Area tersembunyi, hanya kita yang mengetahuinya.
d)   -  Unknown area, dapat diartikan keinginan kita untuk menyelesaikan permasalahan area tersembunyi kita.
Dengan mengetahui area-area tersebut maka kita telah melakukan usaha untuk mengenal diri kita, sehingga kita tahu apa yang harus diperbaiki atau ditonjolkan dari diri kita.
Selanjutnya dijelaskan juga tentang tipe orang. Yang sudah kita ketahui adalah ekstrovert dan introvert. Ternyata ada juga tipe watak manusia, ada 4 yaitu:
1.   -   Sanguinis, orang yang biasanya populer dan ekstrovert. Ciri-cirinya adalah menarik, suka bicara, antusias, kreatif dan semangat.
2.   -  Koleris, orang yang kuat karakternya, ekstrovert dan tegas. Ciri-cirinya adalah dinamis, aktif, berkemauan kuat dan tidak terlalu membutuhkan teman.
3.   -  Melankolis, orang yang pemikir dan introvert. Ciri-cirinya adalah analitis, serius, sensitif dan suka seni.
4.   -  Plegmatis, orang yang damai dan introvert. Ciri-cirinya adalah rendah hati, santai dan juga pendengar yang baik.
Dari pengetahuan yang saya dapatkan saya jadi tahu bahwa untuk saat ini saya adalah seorang plegmatis. Sebagian besar ciri-cirinya ada pada diri saya dan hasil kuisioner tentang mengenal diri ini juga menunjukkan kalau saya memang seorang plegmatis. Kalau anda masih belum tahu tipe apakah anda, maka anda bisa mencoba salah satunya di kuis yang ada di facebook. Selamat mencoba. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar