Rabu, 21 Desember 2011

AKU (Ambisi Kenyataan Usaha)



Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan materi dari acara LKMM Pra-TD. Yang menjadi pemateri pada waktu itu adalah Mas Azka, mahasiswa Teknik Informatika 2009. Bahsannya kali ini adalah AKU. Apa sih AKU itu? Jawabannya bukan AKU adalah SAYA karena ini adalah sebuah singkatan. Sebelumnya sempat ada kuis pre-test dan ada soal yang menanyakan kepanjangan dari AKU. Waktu itu saya menjawab AKU adalah Ambisi Kesungguhan dan Usaha. Ternyata jawaban saya sedikit meleset karena AKU adalah Ambisi Kenyataan dan Usaha. Langsung saja kita mulai bahasannya.
Ambisi adalah keinginan untuk mencapai sesuatu. Orientasinya biasanya adalh kenikmatan, ketentraman, hubungan baik, prestise (kemewahan), dan keberhasilan. Kalau kita mampu mendapatkan ambisi kita maka emosi yang akan muncul adalah rasa senang, sedangkan jika tidak akan terjadi yang sebaliknya.
Lalu berlanjut pada kenyataan. Kenyataan adalah hal yang dapat mendukung atau menghambat tercapinya sebuah ambisi. Kenyataan dibagi menjadi 2 faktor, yaitu:
1.       Internal, yaitu kesanggupan atau kecenderungan pribadi.
2.       Eksternal, yaitu ada 4 diantaranya:
·         Sistem Nilai dan Asumsi (SINA)
·         Keadaan alam
·         Keadaan sosial politik
·         Kondisi budaya
Seperti biasa selalu ada tanya jawab dan peserta dituntut keaktifannya dalam hal ini.
Lalu usaha. Usaha adalah tindakan nyata yang dilakukan seseorang demi tercapainya sebuah ambisi. Usaha itu sendiri dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:
1.       Usaha proaktif, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk menghampiri ambisi.
2.       Usaha reaktif, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mneghindari hal yang tidak diinginkan.
Sebenarnya pengertian ini bersifat subjektif, karena ini adalah hasil pemikiran Mas Azka. Kalau kita bisa mendeskripsikannya sendiri dengan bahasa kita maka hal itu sangat dianjurkan untuk mempertajam kemampuan berpikir kita.
Kesimpulan yang saya dapatkan dari AKU adalah SUKSES. Sukses karena apabila kita mampu menjalankan dan memahaminya maka kesuksesan akan menghampiri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar