Minggu, 27 November 2011

Alternatif Hukuman bagi Koruptor "Membuat Kebun Koruptor"


Baru-baru ini saya membaca sebuah berita menarik tentang usulan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD untuk membuat "Kebun Koruptor". Sebenarnya apa sih kebun koruptor itu?
Beliau mengatakan kebun koruptor layaknya kebun binatang. "Saya usul agar koruptor jangan dibikin takut, tapi dipermalukan. Misalnya dibuat kebun bagi koruptor," kata Mahfud MD. Menurut Mahfud, pelaku korupsi tak ubahnya seperti hewan. Dengan adanya kebun bagi koruptor itu, kata Mahfud, maka sebaiknya dipertontonkan kepada publik. Beliau melanjutkan, "Lebih baik daripada murid-murid disuruh melihat binatang setiap semester, setiap liburan. Toh sama-sama binatang juga. Orang yang melakukan korupsi, sebenarnya hatinya binatang. Di situ (kebun koruptor) ditunjukkan, ini loh tampang koruptor, yang dihukum 20 tahun, sekian tahun, tampilkan foto-foto korbannya," kata Mahfud.
Menurut saya pribadi usulan ini sangat menarik. Bayangkan di negri ini ada kebun binatang yang tidak ada yang menyamai di negara lain, mungkin para wisatawan asing pun akan tertarik melihatnya. Tentunya hal ini akan menambah devisa negara kita. Saya teringat akan salah satu usulan teman saya, Arif, ketika dia menjadi calon presiden, dia akan menyuruh para koruptor tersebut untuk menyapu jalanan. Tujuannya pun sama, agar koruptor itu malu. Untuk idenya sendiri saya sangat tertarik dengan ide Pak Mahfud, tetapi mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat kebunnya sendiri sepertinya ideArif paling memungkinkan untuk direalisasikan dalam waktu dekat. Tetapi tentunya harus ada pihak yang dapat dipercaya yang mampu mengawasi jalannya hukuman tersebut. semoga solusi terbaik dalam waktu dekat ini akan segera dikeluarkan oleh pemerintah.

3 komentar:

  1. wah kalo dibikin kebun koruptor, harga tiket masuknya berapa yah...???

    BalasHapus
  2. jangan mahal2 lah... biar rakyat kecil bs menjangkau harganya heuheu..

    BalasHapus