Kamis, 22 Desember 2011

Tempat Wisata Bersejarah di Surabaya yang Patut Anda Kunjungi!

Mengunjungi tempat bersejarah tidak ada salahnya. Melalui tempat-tempat tersebut kita menjadi tahu bagaimana keadaan kota tempo dulu, perjuangan para pahlawan dalam memertahankan tanah air, asal muasal tempat tersebut atau bahkan sejarah kelam dari tempat tersebut.
Nah, kalau anda tertarik untuk mengetahuinya dan anda berdomisili di Kota Surabaya, atau anda tertarik mengunjungi Surabaya, berikut adalah tempat wisata bersejarah yang wajib anda kunjungi.

Hotel Ibis Rajawali (yang juga merupakan bangunan bersejarah).


Gedung cerutu, yang memiliki menara mirip dengan cerutu.


Jembatan Merah dimana di jembatan ini terjadi pertempuran pejuang Surabaya melawan para penjajah, sehingga terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby di atas jembatan ini.


Kya-kya wilayah pecinan di Jalan Kembang Jepun.


PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X yang masih berdiri kokoh dan terlihat masih terawat dengan baik.


Gedung bank yang berasal dari bangunan lama, bahkan beberapa di antaranya memang berasal dari bank di jaman Belanda. Bangunan tersebut masih digunakan untuk operasional dan terawat dengan baik.


Gedung yang sekarang digunakan Polrestabes Surabaya pun berasal dari peninggalan sejarah, bahkan kami mendapat informasi bahwa dari gedung ini terdapat sebuah terowongan bawah tanah (tunnel) yang menuju ke penjara kalisosok. Namun terowongan tersebut sudah ditutup dan tidak difungsikan.


Penjara Kalisosok sudah tidak digunakan, penjara ini terletak di dekat House of Sampoerna. Dindingnya dihiasi dengan graffiti agar menghilangkan kesan angker.


Tugu Pahlawan merupakan monumen yang menjadi salah satu markah tanah (landmark) di kota Surabaya. Monumen setinggi 45 meter ini didirikan untuk mengenang peristiwa Pertempuran 10 November 1945 dimana arek-arek Suroboyo melawan pasukan sekutu dan Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia.
 

Sebuah gereja GPIB Immanuel juga berasal dari gedung peninggalan bersejarah. Gereja GPIB Immanuel memang memiliki gedung bersejarah di banyak kota.





Semoga artikel ini bisa bermanfaat menjadi acuan anda semua yang mau jalan-jalan di Surabaya.
Have nice travelling :)

3 komentar: