Kamis, 22 Desember 2011

Menulis Populer Yuk!!

Hari itu adalah hari Jum’at, hari yang memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam, tepatnya tanggal 24 Oktober 2011. Hari itu seperti biasa, kami mahasiswa baru jurusan Sistem Informasi paginya melakukan senam pagi. Diiringi musik gado-gado, campuran pop, dangdut, melayu, kami pun melakukan senam dengan bersemangat. Keringat yang bercucuran tak menghentikan semangat kami untuk menyambut pagi itu.
Tetapi ada yang tidak biasa di hari itu, karena setelah senam kami masih akan melakukan kegiatan lain, tidak langsung pulang ke kosan atau rumah. Sebelum berangkat ke kampus kami sudah membawa baju batik karena, kurang lebih jam 9 kami harus kuliah lagi. Kuliah kali ini juga agak berbeda karena di isi oleh pemateri yang tidak biasa. Beliau adalah Bapak Rudi Santoso. Pembawaan beliau yang santai namun bersahaja membuat kami mengerti penjelasan beliau. Beberapa hal yang beliau terangkan, diantaranya:
1.    Belajar mengenali tata bahasa dan gaya bahasa.
2.    Media yang akan dituju.
3.    Membuat judul yang agitatif dan positif.
4.    Menyertakan data sederhana sebagai pendukung.
5.    Memasukkan kutipan dari tokoh yang menulis hal serupa di media sebagai perujuk tulisan.
Setelah menjelaskan hal yang di atas, beliau juga memberikan motivasi kepada mahasiswa Sistem Informasi 2011 untuk selalu mencoba menulis. Banyak membaca juga akan membuat kita tahu banyak model penulisa sehingga akan memperkaya kualitas dan keberagaman tulisan kita.
Terakhir adalah sesi tanya jawab dan banyak sekali mahasiswa 2011 yang bertanya karena semakin penasaran dengan tema materi kali ini. Dan tentunya Pak Rudi Santoso bersedia memberikan jawaban yang memuaskan hati penanyanya.
Materi kali ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi karena mampu membantu saya dalam menulis tulisan, teruutama di blog saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar